Selasa, 08 Februari 2011

perjalanan abadi

* Alam Kubur.
awal persinggahan menuju ke akhirat. Ia merupakan lubang neraka bagi orang kafir dan orang munafik, namun merupakan taman bagi orang mukmin. Ada siksa di dalam kubur atas beberapa maksiat seperti: tidak membersihkan diri dari air kencing, mengadu domba, sombong, berkhianat, dusta, melalaikan sholat, tidak membaca Al Qur’an, berzina, homoseksual, riba, tidak membayar hutang dan sebagainya. Yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur adalah: amal sholeh yg iklas karena Allah SWT, selalu bertakwa, menjalankan semua perintah dan menjauhi semua larangan Allah SWT.

* Tiupan Sangkala
Ialah sangkala besar yg dikulum oleh Israfil menunggu kapan diperintahkan untuk meniupnya, yaitu tiupan faja (kematian) berdasarkan firman Allah SWT : “ Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkala, maka terkejutlah segala yang dilangit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah “ (An-Naml : 87)
Maka hancurlah alam semesta. Kemudian setelah empat puluh masaditiuplah dengan tiupan ba’ts (kebangkitan), berdasarkan firman Allah SWT: “kemudian ditiup sangkala itu sekali lagi maka tiba tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing masing)” (Az-Zumar : 68)

* Hari Kebangkitan
Kemudian Allah SWT menurunkan hujan, maka tumbuhlah jasad jasad (dari sebiji tulang pangkal ekor) dan menjadi ciptaan baruyang tidak mati. Mereka dibangkitkan dalam keadaan tidak beralas kaki dan tidak berpakaian. Mereka dapat melihat para malaikat dan jin, dibangkitkan sesuai amal perbuatan mereka.

* Padang Mahsyar
Allah SWT mengumpulkan semua mahluk untuk di hisab. Mereka semua dalam kondisi ketakutan, pada hari yang agung masanya setara dengan lima puluh ribu tahun. Seakan akan dunia mereka hanyalah sesaat saja. Matahari menjadi dekat sejauh satu mil dan manusia tenggelam dalam keringat mereka sesuai dengan amal perbuatan mereka. Pada hari itu terjadi perseteruan anatar orang lemah dan para pembesar mereka (ketika di dunia), orang kafir berseteru dengan sesamanya, dengan setannya dan dengan anak buahnya, dan mereka saling melaknat. Orang yang Zalim akan menggigit kedua tangannya. Neraka jahannam pun didatangkan, ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat. Jika orang kafir melihatnya, ia berharap menjadi debu. Adapun para pelaku maksiat, orang tidak membayar zakat hartanya menjadi lempengan api lalu ia disetrika dengannya. Sedang orang yang sombong dan angkuh mereka dikumpulkan bagaikan semut. Segala sesuatu yang tersembunyi akan di tampakkan. Adapun orang yg bertakwa hal itu tidak menjadikan mereka takut bahkan hal itu berlalu bagaikan sholat Dhuhur.
* Hisab (perhitungan)
Manusia dihadapkan kepada Rabb mereka dengan bersaf-saf. Kemudian diperlihatkan amal perbuatan mereka dan mereka dimintai pertanggung jawabannya. Begitu pula tentang umur, masa muda, harta benda, janji, ilmu, kenikmatan, pendengaran, penglihatan dan hati. Orang kafir dan munafik akan dihisab di hadapan seluruh mahluk untuk mempermalukan dan menegakkan hujjah atas mereka, dan agar manusia, bumi, hari dan malam, harta benda, malaikat dan seluruh anggota badan menjadi saksi atas diri mereka, hingga terbuktilah dosa dosa mereka dan merekapun mengakuinya.
Umat yang pertama kali di hisab adalah umat Muhammad dan amalan yang pertama kali dihisab adalah SHOLAT. Sedangkan hokum yang pertama kali diputuskan adalah perkara pertumpahan darah.

* Catatan Amal
Kemudian catatan amal perbuatan manusia pun dibagikan, maka mereka menerima suatu kitab yang : “tidak meninggalkan sesuatu kecil dan tidak (pula) sesuatu besar, melainkan ia mencatat semuanya” (Al-Kahfi : 49) Orang mukmin menerimanya dengan tangan kanan sedang orang kafir dan munafik menerimanya dengan tangan kiri dari belakang punggungnya.

..bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar